Membuat surat lamaran kerja untuk sebuah lowongan pekerjaan tertentu sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal membuat surat lamaran kerja dengan menyesuaikan ketersediaan lowongan kerja dengan kualifikasi dan kemampuan diri anda dengan bahasa yang sopan dan tepat sasaran serta mudah dimengerti.
Sebelum membuat surat lamaran kerja ada beberapa faktor penting yang perlu di perhatikan agar hasilnya lebih baik dan peluang diterima lebih besar diantaranya :
Tips menulis surat lamaran kerja
- Membuat surat lamaran kerja menggunakan komputer atau mesin tik memang jauh lebih bagus dan rapi. Namun sebaik-baiknya surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat atau ditulis dengan tangan Anda sendiri. Percayalah!!!
- Gunakan bahasa serta penulisan yang baik, padat dan berisi. Selain itu Anda juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Hal-hal seperti ini sangat berpengaruh dalam penilaian penguji terhadap kepribadian Anda.
- Buatlah surat lamaran kerja yang lengkap. Lengkap dalam hal ini berarti seluruh persyaratan yang diminta oleh perusahaan tempat dimana Anda melamar kerja sudah Anda penuhi. Biasanya surat lamaran kerja disertai dengan foto copy ijasah terakhir, Pas Photo ukuran 4x6, foto copy sertifikat/khursus, foto copy bukti pengalaman kerja, daftar riwayat hidup/CV, dll.
- Tunjukan kelebihan yang Anda miliki dalam surat tersebut. Jangan terlalu over/berlebihan saat Anda menunjukkan kelebihan yang Anda miliki, dengan begitu Anda akan terkesan sombong tunjukkan kelebihan Anda dengan sewajarnya saja. Anda pasti tahu bagaimana cara menjadi orang yang sederhana tapi berilmu.
Untuk melengkapi, berikut ini ada sebuah format contoh surat lamaran kerja sebagai referensi untuk anda :
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,....
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. ........
Jl. .... No. ......
Jakarta Pusat
Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. ...... yang termuat di harian Republika tanggal ........... Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. .........
Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama : ......................................
Tempat, tgl. lahir : ........................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ......................................
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik aktif maupun pasif. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Word, Excel, Acces, PowerPoint, OutLook dan beberapa software kantor lainnya. Saya juga mempunyai sertifikat internet dari Google inc.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4. Pas foto terbaru.
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi yang saya miliki.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,
(Nama Anda)
Demikian tips kali ini, semoga sukses dengan usahanya dalam mendapatkan perkerjaan yang diidamkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar