Kamis, 29 Agustus 2013

Masih ingatkah anda dengan acara Yuk Kita Sahur(YKS)? “Yuk Kita Sahur” Tayang Lagi, Bagaimana Rating-nya?

by: http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2013/08/28/yuk-kita-sahur-tayang-lagi-bagaimana-ratingnya-584706.html?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kanawp
Masih ingatkah anda dengan acara  Yuk Kita Sahur(YKS)? Acara yang tayang pada saat sahur dibulan puasa tahun ini itu sangat mengejutkan. Yuk kita sahur adalah acara yang sama seperti tahun tahun sebelumnya namun dengan udul yang sedikit berbeda. Sebelumnya acara ini bernama Saatny aKita sahur. Pada tayangan YKS banyak mengalami perubahan, baik dari segi pemain maupun konsep acara. Olga dan kawan-kawan didaulat menjadi pengisi acara tersebut.
Memang sangat mengejutkan jika dilihat dari hasil ratting Nielsen. Saat awal penayanganya hingga minggu pertama, acara YKS masih berada dibawah PPT jilid 7 yang tayang di SCTV. Share yang minggu pertama tayangnya hanya berkisar belasan saja, kemudia naik diangka 20an dan saat2 pertengahan bulan puasa, acara komedi ini bahkan sampai menembus share 30an. Menjadikanya sebagai acara sahur no 1 yang paling banyak ditonton penonton. YKS terpaut jauh dari pesaing2nya seperti Anak Anak Manusia yg tayang di rcti yang juga secara konsisten mengalahkan PPT 7 dan OVJ sahur.
Bahkan, episode terakhir yang tayang 7 Agustus 2013, share-nya menembus angka 40. Sebuah angka yang sangat fantastis untuk sebuah acara tv. Program komedi yang mengantarkan goyang caesar ini semakin digandrungi oleh penonton setia TV. ini terbukti saat ramadhan usai. Meski bulan puasa sudah berlalu, namun program YKS masih menjadi program andalan Trans TV. Seperti yang kita ketahui bahwa Trans TV beberapa taun terakhir sangat tragis, setelah ditinggalkan oleh wisnu utama yang kini mendirikan televisi bernama NET TV. Trans tv sering kali kalah oleh adeknya sendiri trans7 jika dilihat dari data ratting. Bahkan Trans TV hanya mampu bertengger diposisi 4-5 sebagai tv yang paling banyak ditonton rakyat indonesia.
Urutan pertama sampai lima besar adalah RCTI- SCTV - MNCTV - TRANS TV - TRANS 7. Banyak acara Trans TV yang gagal ditahun ini, namun lain halnya dengan YKS. YKS menjadi satu-satunya acara tv dari Trans TV yang bisa masuk 10 besar ratting harian. Trans TV pastinya sadar betul tentang kekuatan pesona YKS. Jika sebelumnya Setelah Lebaran program ini tayang ulang atau re-run pukul 07.30 WIB. Responnya terbilang cukup bagus buat acara yang direrun. Salah satu contohny aadalah pada saat rerun tayangan 19 Agustus, YKS berhasil mendapat TVR 1,6 dan share 19,1 (all station, all market).
13776745651388834750
image: tribunews.com
Sukses direrun pagi hari, Trans TV mencoba menjajal peruntungan pada jam primetime. Tanggal 24 Agustus kemarin misalnya YKS hadir menghiasi slot 18.00-21.19 WIB. Berhadapan dengan malam puncak HUT dua stasiun TV yaitu RCTI dan SCTV. Acara yang hampir tayang 3 jam itu hasilnya sangat luar biasa. YKS Berhasil memblocking acara ulang tahun RCTI Maupun SCTV. YKS Menempati peringkat 4 dengan TVR 3,7 dan share 16,5. Yang menjadi korbanya adalah SCTV, Karna HUT sctv hanya mampu berada diposisi 6 saja.
Sedangkan hut rcti meski mampu menduduki peringkat 1 namun sharenya tidak secetar acaranya. YKS kembali mengudara pada Hari Minggu 25 Agustus. Program yang diberi judul Best YKS justru melesat ke peringkat 2 dengan TVR 3,7 dan share 16, hanya kalah dari Tukang Bubur Naik Haji The Series. Best YKS bahkan berhasil mengungguli program bukan rerun yang tayang bersamaan seperti Anak-anak Manusia (RCTI) diurutan ke-3, Pesantren & Rock ‘n Roll season 3 (SCTV) ke-4, dan Gajah Mada (MNCTV) ke-5. Sebuah pencapaian yang sangat fantastis dari sebuah acara re-run dijam prime time.
Meskipun dalam acara tersebut terselip banyak Iklan yang menempel namun tidak menyurutkan trans tv menayangkan acara tersebut. Sampai kapankah penonton akan jenuh dengan joged Caesar yang menjadi andalan dalam acara tersebut ? pastinya acara tersebut tidak akan mungkin selalu di rerun setiap saat. Semoga acara Trans TV bisa kembali seprti dulu segar dan fresh….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar